Seorang
pengusaha pasti memiliki strategi pemasarannya sendiri dan tentu saja strategi
setiap pengusaha itu berbeda walaupun bisnis yang dijalani sama. Pengusaha yang
sukses adalah pengusaha yang memiliki strategi pemasaran yang bagus. Tidak
mudah untuk berkomitmen dengan strategi yang telah dibuat sendiri oleh
pengusaha tersebut, tetapi kalau ingin bisnis lancar ya harus dijalani. Stategi
pemasaran juga harus selalu di update sesuai permintaan pasar dan perkembangan
zaman.
Dalam buku yang berjudul “Influence
: the Phychology of Persuasion”, Dr. Robert Cialdini mengungkapkan beberapa
konsep yang terkait dalam persuasi. Ternyata strategi pemasaran yang mendasar
pada sisi psikologis manusia terbukti lebih efektif. Kali ini kita akan
membahas tiga konsep saja dulu.
1. Timbal
balik
Menurut
Dr. Robert, dalam suatu hubungan antara dua manusia, seseorang biasanya akan
melakukan sesuatu yang sama dengan apa yang dilakukan oleh orang lain. Maksudnya
gini, jika anda berlaku baik dan tidak semena-mena kepada karyawan anda, tentu
saja karyawan anda akan menaruh hormat kepada anda dan berusaha bekerja dengan
sebaik-baiknya. Begitu juga halnya sikap anda kepada konsumen. Hukum
timbal-balik didunia ini pasti ada.
2. Social
Proof
Secara
psikologis, orang akan memperhatikan suatu hal jika orang-orang yang ada
disekitarnya membicarakan hal tersebut. Dan media sosial menaroh peran penting
dalam hal ini bukan? Misalnya nih jika anda memiliki bisnis dibidang kuliner
atau lebih mendetailnya sebuah caffe. Pelayanan di caffe anda ini sangat mantap
dan rasa makanannya pun enak. Konsumen yang datang pun merasa terpuaskan,
secara tidak langsung konsumen tersebut nanti akan menceritakan kepada teman
atau keluarganya. Atau bahkan menceritakan lewat media sosial. Orang-orang yang
mendengar cerita si konsumen tersebut tentu bakal tertarik juga untuk
berkunjung ke caffe anda tersebut.
3. Kelangkaan
Rasa
takut yang dimiliki seseorang bila tidak mendapatkan sesuatu yang bagus adalah
sifat alami yang dimiliki oleh manusia. Kalau anda seorang pengusaha, anda
ciptakanlah produk yang langka dan memiliki nilai jual tinggi agar konsumen
tertarik dan berlomba-lomba untuk mendapatkan produk yang anda jual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar