Senin, 16 April 2018

3 Konsep Psikologi dalam Menjalankan Strategi Pemasaran



Seorang pengusaha pasti memiliki strategi pemasarannya sendiri dan tentu saja strategi setiap pengusaha itu berbeda walaupun bisnis yang dijalani sama. Pengusaha yang sukses adalah pengusaha yang memiliki strategi pemasaran yang bagus. Tidak mudah untuk berkomitmen dengan strategi yang telah dibuat sendiri oleh pengusaha tersebut, tetapi kalau ingin bisnis lancar ya harus dijalani. Stategi pemasaran juga harus selalu di update sesuai permintaan pasar dan perkembangan zaman.
            Dalam buku yang berjudul “Influence : the Phychology of Persuasion”, Dr. Robert Cialdini mengungkapkan beberapa konsep yang terkait dalam persuasi. Ternyata strategi pemasaran yang mendasar pada sisi psikologis manusia terbukti lebih efektif. Kali ini kita akan membahas tiga konsep saja dulu.
1.      Timbal balik
Menurut Dr. Robert, dalam suatu hubungan antara dua manusia, seseorang biasanya akan melakukan sesuatu yang sama dengan apa yang dilakukan oleh orang lain. Maksudnya gini, jika anda berlaku baik dan tidak semena-mena kepada karyawan anda, tentu saja karyawan anda akan menaruh hormat kepada anda dan berusaha bekerja dengan sebaik-baiknya. Begitu juga halnya sikap anda kepada konsumen. Hukum timbal-balik didunia ini pasti ada.
2.      Social Proof
Secara psikologis, orang akan memperhatikan suatu hal jika orang-orang yang ada disekitarnya membicarakan hal tersebut. Dan media sosial menaroh peran penting dalam hal ini bukan? Misalnya nih jika anda memiliki bisnis dibidang kuliner atau lebih mendetailnya sebuah caffe. Pelayanan di caffe anda ini sangat mantap dan rasa makanannya pun enak. Konsumen yang datang pun merasa terpuaskan, secara tidak langsung konsumen tersebut nanti akan menceritakan kepada teman atau keluarganya. Atau bahkan menceritakan lewat media sosial. Orang-orang yang mendengar cerita si konsumen tersebut tentu bakal tertarik juga untuk berkunjung ke caffe anda tersebut.
3.      Kelangkaan
Rasa takut yang dimiliki seseorang bila tidak mendapatkan sesuatu yang bagus adalah sifat alami yang dimiliki oleh manusia. Kalau anda seorang pengusaha, anda ciptakanlah produk yang langka dan memiliki nilai jual tinggi agar konsumen tertarik dan berlomba-lomba untuk mendapatkan produk yang anda jual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar