Senin, 16 April 2018

4 Bisnis untuk Mahasiswa



Akhir bulan, uang kos nipis. Utang sana-sini numpuk dengan teman. Berjibun-jibun tugas kuliah yang harus diprint atau bahkan mungkin diktat-diktat kuliah yang diwajibkan untuk dibeli. Minta kiriman orang tua udah mulai segan. Pernah ngalamin hal serupa? Atau lebih buruk dari itu? Rasanya frustasi banget, bahkan untuk makan pun susah.
            Memang hal itu sering kali menjadi kendala bagi mahasiswa yang tinggal diperantaun. Eiits, jangan buru-buru frustasi. Ini ada lima bisnis yang bisa dilakukan oleh kaum muda dengan modal kecil atau tanpa modal sedikitpun.
Pertama, membangun toko online.  Mahasiswa cocok nih berbisnis lewat toko online. Nggak perlu pakai modal karna bisa saja kamu berkerja sama untuk menjualkan barang teman atau barang orang lain. Kamu juga bisa mencari toko yang memakai sistem dropship. Sistem dropship adalah sistem dimana kamu hanya tinggal menjualkan produk mereka. Urusan pengiriman kepada pembeli, itu urusah toko tersebut. Untung dari toko online ini juga lumayan dan kalau kamu serius menekuninya, kamu bisa sukses dibidang toko online. Memang sih nggak mudah menciptakan kepercayaan pelanggan terhadap toko online kamu, tapi bukan berarti nggak bisa kan?
Kedua, menjual makanan ringan. Makanan ringan atau cemilan adalah sesuatu hal yang sangat disukai oleh banyak orang. Kalau kamu hobby masak atau setidaknya pandai membuat beberapa jenis cemilan, kamu bisa mengajak beberapa teman-temanmu untuk berjualan makanan ringan. Kamu bisa membawanya kekampus atau menitipkannya dikantin kampus.
Ketiga,  jualan pulsa. Pulsa dizaman sekarang ini udah termasuk sebagai hal pokok yang harus ada. Dari anak SD sampai mahasiswa rata-rata sekarang udah punya handphone dan handphone butuh pulsa. Kamu bisa nyoba jualan pulsa untuk teman-temanmu. Modal pulsa paling sedikit itu lima puluh ribu.
Keempat, jasa ketik. Kalau kamu punya laptop atau komputer, kamu bisa nyoba buka jasa pengetikan. Nggak semua teman-temanmu punya laptop bukan? Nah dengan laptop yang kamu miliki, kamu bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang tentu saja bakal ngisi dompetmu.
Sebenarnya masih banyak bisnis yang bisa dilakukan mahasiswa asal kamu bisa jeli melihat peluang. 

1 komentar:

  1. Dulu saya ikutan yang ke-4. Tapi masih adakah peluangnya kini? Karena duluuu komputer masih jarang-jarang.

    BalasHapus