Sabtu, 14 April 2018

5 Kesalahpahaman tentang Kesuksesan



Setiap orang pasti menginginkan kesuksesan. Setiap orang pasti menginginkan yang namanya kehidupan indah baik didunia maupun diakhirat. Saya, anda, dan kita selalu bergerak menuju kesuksesan. Ibarat kesuksesan itu gula dan kita adalah semutnya. Kesuksesan itu adala hak semua orang, tapi pertanyaannya sekarang adalah, kenapa hanya sepersekian kecil manusia yang sukses?
            Mungkin hal ini disebabkan adanya kesalahpahaman persepsi tentang kesuksesan oleh banyak orang. Didalam buku ‘Aku Bisa’ karya Yulikuspartono menjelaskan bahwa ada 5 kesalahpahaman tentang kesuksesan.
1.      Kesalahan pertama yang berkembang dimasyarakat adalah beberapa orang tidak bisa sukses karna latar belakang, pendidikan, dan lain-lain. Padahal sejatinya setiap orang dapat meraih kesuksesan dengan caranya masing-masing. Dengan potensinya masing-masing. Orang miskin pun bisa sukses. Latar belakang, pendidikan itu hanya pendukung. Hanya penunjang. Yang berperan itu adalah diri orang itu sendiri dalam memilih kehidupannya.
2.      Kesalahan kedua yang berkembang dalam persepsi masyarakat adalah orang sukses tidak pernah melakukan kesalahan. Tentu saja ini salah! Orang-orang sukses adalah orang yang sering melakukan kesalahan. Yang membedakan orang sukses dengan orang biasa adalah cara menanggapi kegagalan itu. Orang sukses akan bangkit lagi, sedangkan orang yang tidak miskin akan tetap berkubang didalam kegagalannya.
3.      Kesalahpahaman yang ketiga adala bahwa kita harus bekerja lebih dari 60 jam (70, 80, 90 jam) seminggu. Padahal persoalannya bukan terletak pada berapa lama anda bekerja, tapi bagaimana anda dapat melakukan pekerjaan itu dengan benar dan cerdas.
4.      Kesalapahaman keempat adalah anda hanya bisa sukses bila bermain sesuatu dengan aturan. Padahal tidak juga. Siapakah yang membuat aturan itu? Setiap situasi membutuhkan cara yang berbeda. Kadang-kadang kita memang harus mengikuti aturan, tetapi disaat lain andalah yang membuat aturan itu.
5.      Kesalahpahaman kelima adalah jika anda selalu meminta bantuan, anda tidak sukses. Padahal kesuksesan jarang sekali terjadi disaat-saat vakum. Justru dengan mengakui dan menghargai bantuan orang lain dapat membantu keberhasilan anda.

Nah itu dia lima kesalapahaman yang berkembang dimasyarakat. Semoga tidak berkembang dipersepsi kita ya. Selamat menaiki tangga kesuksesan! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar