Kamis, 26 April 2018

3 Tips Bisnis yang Harus diperhatikan



Dalam membangun bisnis, jangan bayangkan anda akan menemukan hal-hal yang mudah dan menyenangkan. Justru malah sebaliknya. Akan banyak rintangan yang anda hadapi kedepannya. Terkadang saking melelahkannya jalan menuju kesuksesan bisnis ini, banyak diantara kita yang menyerah begitu saja.
            Didalam buku ‘Kiat Sukses Menjemput Rezeki’ yang ditulis oleh Abu Umar Basyier menyebutkan tiga tips bisnis yang bisa diperhatikan dalam membangun bisnis anda.
1.      Fokuskan pikiran pada bisnis yang sedang digarap
Orang yang ingin melejitkan bisnisnya dan tidak berlarut-larut, harus memiliki konsentrasi optimal terhadap bisnis yang sedang anda garap tersebut. Jangan membagi pikiran anda. Fokuskan! Jangan terlalu memikirkan apa yang akan dikerjakan besok, apa yang harus ditanggung dan dipikul nanti. Besok saya harus bayar ini, besoknya lagi harus bayar itu. Jangan! Jangan berpikiran seperti itu. Jangan biarkan pikiran terlalu sibuk dengan segala urusan yang belum tentu tiba. Fokuskan pikiran pada bisnis anda hari ini. Kalau seseorang dapat membangun bisnis dengan optimal, maka ia akan mendapatkan hasil maksimal.
2.      Jangan mudah kecewa dengan hasil yang kurang optimal
Jangan mudah kecewa dnegan hasil yang kurang optimal. Kekecewaan justru semakin meruntuhkan bisnis anda, karna kekecewaan akan melahirkan sikap frustasi dan putus asa. Dan itu adalah musuh terbesar dari sebuah kesuksesan. Didalam surah Yusuf  ayat 87 yang artinya : “... dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan orang yang kafir.” 
Sikap berputus asa atau kecewa berlebihan menyebabkan hati menjadi semakin lemah, rapuh dan mudah terkontaminasi oleh berbagai penyakit. Orang yang mudah kecewa, biasanya tidak bisa bersikap santai. Banyak pekerjaan yang akhirnya menjadi terbengkalai. Sulit diharapkan akan muncul momentum-momentum mengesankan dari orang dengan tingkat mudah mengalami kekecewaan begitu tinggi, dan rasa percaya diri yang rendah.
3.      Jangan gugup menghadapi rintangan
Jangan gugup menghadapi rintangan dan lekas bangkit dari kegagalan. Pepatah Arab menyebutkan bahwa segala sesuatu memiliki harga. Artinya setiap bisnis, pekerjaan, tugas atau tanggung jawab, selalu saja memiliki konsekwensi, aral atau rintangan, dan beban yang harus dipikul. Orang yang mampu menatap sebuah rintangan dan kesulitan sebagai medan latihan adalah orang yang paling santai menghadapi persoalan. Dan banyak kesuksesan yang lahir dari sikap santai seperti itu.
            Sudah tau bukan tiga tips bisnis yang harus diperhatikan? Mulailah semuanya dari diri anda sendiri. Jangan menyia-nyiakan waktu lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar